Peresmian RPTRA dan Kampung KB Baung Pasar Minggu
24 Februari 2017
Buku Anak Berkonten Dewasa, Kok Bisa?
15 Maret 2017

Gubernur Jakarta Resmikan RPTRA Baung Kebagusan


JAKARTA
, Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Baung di Jalan Baung, RT04/02, Kelurahan Kebagusan Pasar Minggu Jakarta Selatan pada Kamis (23/2).

Hadir dalam peresmian RPTRA , Duta Besar Swiss untuk Indonesia Yvone Bauman, Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Direktur Utama PT Nestle Indonesia Mr. Dharnesh Gordhon.

RPTRA Baung didirikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Nestle dan dibangun di atas lahan seluas 1.800 meter persegi.

Dalam sambutannya, Ahok menyebutkan bahwa “RPTRA merupakan tempat kumpul berbagai usia, mulai dari balita hingga lansia. RPTRA juga dibuat ramah untuk disabilitas”.

Rangkaian acara peresmian RPTRA Baung kental dengan budaya betawi, dibuka dengan penampilan kelompok Qasidah Al-Hidayah Kebagusan yang sekaligus menyambut kehadiran rombongan Gubernur ketika tiba di RPTRA. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan tari yang dibawakan oleh anak-anak Paud Matahari yang membawakan tarian ‘Nyok Kita Nonton Ondel-Ondel. Salah satu yang menarik pada peresmian RPTRA Baung adalah hadirnya Ketua Ikatan Warga Betawi Kebagusan, Mudas, yang berbicara dengan logat betawi yang kental dan mengundang gelak tawa para undangan. Sebagai tokoh Betawi, Mudas menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan RPTRA Baung, namun sebuah kritik disampaikannya yaitu kurangnya ornamen dan sentuhan budaya betawi dalam pembangunan RPTRA Baung. “Fasilitas yang bagus dan lengkap telah disediakan PT Nestle, namun tak ada satu pun sentuhan ornamen Betawi” ujarnya. Mudas berharap detail budaya Betawi tergambar melalui ornamen pendukung RPTRA Baung sebagai identitas dan bagian pendidikan budaya bagi anak-anak.  

Peresmian RPTRA Baung kebagusan ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DKI Jakarta. Secara simbolis Gubernur juga meresmikan Kampung KB Kebagusan.

Rangkaian peresmian RPTRA Baung diakhiri dengan rombongan Gubernur meninjau berbagai fasiltas yang ada RPTRA Baung. Salah satu tempat yang mendapat perhatian dari Gubernur adalah Pojok Lansia dan Perpustakaan.

Perpustakaan RPTRA Baung di rancang oleh PT Nestle dengan interior yang minimalis. Koleksi buku berasal dari Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan dan PT Nestle. Jumlah koleksi dari Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kurang lebih 600 eksemplar dengan presentasi koleksi 70 persen adalah buku anak dan 30 persen adalah buku dewasa (berupa buku ketrampilan dan budi daya).

Perpustakaan RPTRA Baung semakin semarak dengan hadirnya dongeng dari Kak Endi dan Badut Boneka Cican. Kehadiran Abang None Buku Jakarta Selatan dan Pustakawan yang memberikan kegiatan kreativitas berupa origami disambut meriah oleh siswa PAUD dan sekolah Disabilitas yang memadati perpustakaan RPTRA Baung. [NT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X