RPTRA Anggrek Lebak Bulus Buka Bimbingan Konseling Gratis

Ibu Gubernur Jakarta bacakan dongeng di RPTRA Bahari
16 November 2017
Buku Jadi Sarana Pendidikan Karakter Siswa
24 November 2017

RPTRA Anggrek Lebak Bulus Buka Bimbingan Konseling Gratis

 

JAKARTA  – Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan menerima warga yang ingin bimbingan konseling secara cuma-cuma. Layanan konsultasi ini diberikan pada Minggu pertama dan ketiga setiap bulan.

“Layanan konseling disini ada konsultasi psikolog bersama dosen dari UHAMKA. Semua rutin dilakukan setiap minggu pertama dan ketiga, jadi kita jadwalkan satu hari untuk konseling, biasanya sih Kamis,” ujar Hasma, satu pengelola RPTRA Anggrek Lebak Bulus.

Hasma mengakui bahwa layanan konseling ini merupakan program wajib untuk RPTRA, menurutnya pihak RPTRA Anggrek telah berkerja sama dengan Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP). “Untuk psikolognya kami kerja sama dengan PPAPP, jadi kita jejaring aja sama mereka dan kebetulan dapatnya dari UHAMKA,” tuturnya saat ditemui di RPTRA Anggrek Lebak Bulus.

Menurut Hasma, antusias yang ditujukan masyarakat untuk program konsuultasi psikologi selama ini cukup besar, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang ingin ikut saat konseling dilakukan. “Setiap ada konseling konsultasi psikologi ada 4 orang sekali sesi, mau terima banyak juga kan liat jadwal psikolognya, kan nanganin konseling satu orang aja butuh waktu satu jam lebih,” tambahnya.

Hasma mengatakan cukup banyak yang warga keluhkan saat konsultasi psikologi. “Kalau untuk konsultasi psikologi biasanya konsultasi mengenai kenakalan remaja, KDRT, kekerasan tentang perempuan juga ada,” tuturnya.

Selain konsultasi psikologi RPTRA Anggrek juga menerima konseling dalam bentuk penyuluhan kesehatan, untuk penyuluhan kesehatan konsultasi ditangani oleh perwakilan pihak Puskesmas Cilandak.

“Warga disini kebanyakan konsultasi masalah kesehatan biasanya mengenai penyakit, Mulai penyakit ibu dan anak, penyakit menular tidak menular, tentang KB (Keluarga Berencana) juga ada, biasanya kita barengin waktunya sekalian posyandu,” tutur Hasma.

 

(sumber : poskotanews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X