Dongeng Rabu Seru di RPTRA Kampung Perigi

Proses Shelving Buku di Ruang Baca Remaja dan Dewasa
28 Februari 2018
Kegiatan Story Telling di RPTRA Nusantara
6 Maret 2018

Dongeng Rabu Seru di RPTRA Kampung Perigi

Dongeng Rabu Seru di RPTRA Kampung Perigi

Jakarta—Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan mendongeng di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kampung Perigi Kebayoran Lama, Rabu (28/2/2018).

Acara dipandu oleh Kak Norma dan menghadirkan pendongeng Kak Abu (Komunitas Dongeng Geppuk ), yang membawakan cerita bertajuk “Membaca buku menyenangkan”. PAUD Seruni Ceria dan TPA Al Habliah terpilih mengikuti kegiatan tersebut. Tak kurang dari 75 anak hadir dalam acara dongeng kali ini. Riuh dan semangat menyelimuti suasana dongeng, kemeriahan lebih terasa ketika Memet (boneka tangan) dihadirkan oleh Kak Abu, dan menjadi bagian dari dongeng.

Gelak tawa dan antusiasme terpancar dari raut wajah adik-adik pada saat dongeng berlangsung. Ekspresi bahagia semakin terpancar kala di akhir dongeng Kak Norma memandu acara permainan yang berhadiah puzzle dan alat tulis. Senyum dan gelak tawa menyelimuti keseruan acara permainan yang ditutup dengan nyanyi dan foto bersama.

Cerita bertema literasi sengaja dipilih oleh pendongeng guna mengenalkan buku dan memupuk minat baca kepada anak-anak. Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Selatan, Asmasari. Dalam sambutannya menyampaikan “dongeng merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Sudin Pusip Jakarta Selatan dengan tujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan perpustakaan kepada anak-anak, dalam hal ini perpustakaan yang ada di masyarakat terutama di RPTRA”.
Asmasari menambahkan, bahwa acara mendongeng ini merupakan dari rangkaian Kegiatan Dongeng dan Parenting yang akan di selenggarakan di 43 RPTRA di Kota Administrasi Jakarta Selatan sepanjang tahun 2018. Secara rutin kegiatan ini akan di selenggarakan tiap Hari Selasa dan Rabu pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB, dengan menghadirkan pendongeng profesional dari Komunitas Dongeng Geppuk, Komunitas Ayo Dongeng Indonesia dan Komunitas Theraplay Indonesia (parenting). [NT]

1 Comment

  1. Maspriyo berkata:

    Semangat seru literasi dongeng…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X