Semarak Literasi Hijau
26 Februari 2019
Yuk, Belajar Literasi Media Melalui Dongeng Asyik di RPTRA!
26 Februari 2019

WORKSHOP LITERASI JURNALISTIK

Processed with VSCO with preset

Jakarta, 14 Februari 2019 – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan “Workshop Literasi Jurnalistik” yang terbuka bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang Auditorium Perpustakaan Umum Jakarta Selatan, Jl. Gandaria Tengah V / No.3 Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 – 13.00 WIB, dengan mengusung tema Literasi Jurnalitistik Bagi Pemula. Tema tersebut dipilih Sudin Pusip Jakarta Selatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada tangga 9 Februari. Tidak kurang 100 peserta hadir dalam acara Workshop Literasi Jurnalistik yang dipandu oleh perwakilan Abang None Buku Jakarta Selatan. Kegiatan dibuka oleh Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ibu Evita Dwi Saiverda.

Para peserta fokus dalam menyimak materi Workshop Literasi Jurnalistik

Sudin Pusip Jakarta Selatan menggandeng narasumber profesional di bidangnya, antara lain Nikmatus Sholikah dari Reporter Program Fakta TV One. Beliau memulai kertertarikan terhadap bidang jurnalistik sejak di bangku kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang. Materi yang akan dibawakan adalah literasi jurnalistik televisi, peserta workshop diberikan tips-tips dalam membuat video berita Citizen Journalism. Ovi Shofianur adalah Redaktur Pelaksana Majalah Farah yang telah mengabdikan dirinya di dunia jurnalistik, khususnya media cetak selama 14 tahun. Beliau akan memaparkan tentang literasi jurnalistik untuk media cetak. Peserta diajak untuk praktes menulis berita sesuai dengan fakta.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberi pengetahuan dasar literasi jurnalistik bagi pelajar SMA, Mahasiswa dan masyarakat umum. Kemampuan jurnalistik menjadi salah satu kebutuhan dasar pengguna media sosial saat ini, karena berbagai pengguna media sosial kerap memberikan informasi dan berita singkat melalui portal media sosial. Agar berita dan informasi yang diberikan dapat tersusun dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan fakta dan sumbernya, maka dilaksanakan pelatihan workshop jurnalistik ini. [NT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X