MOKA, Armada Perpustakaan Keliling Jakarta Selatan

Yuk, Belajar Literasi Media Melalui Dongeng Asyik di RPTRA!
26 Februari 2019
Gerakan Sadar Tertib Arsip (GSTA)
8 Oktober 2019

MOKA, Armada Perpustakaan Keliling Jakarta Selatan

Processed with VSCO with preset

Perpustakaan adalah wahana pembelajaran sepanjang hayat yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat tanpa membedakan suku, agama, golongan, jenis kelamin, dan usia. Itulah bunyi amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Salah satu jenis perpustakaan yang keberadaannya sangat penting bagi masyarakat adalah perpustakaan umum.

Perpustakaan umum secara definisi adalah Perpustakaan yang melayani seluruh  lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Perpustakaan umum dibangun di tengah-tengah masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan mempromosikan minat baca kepada masyarakat. Perpustakaan umum berkewajiban memberikan layanan perpustakaan dan berbagai kegiatan yang bertujuan mendidik masyarakat. Perpustakaan umum memiliki beberapa jenis layanan yang diperuntukan bagi masyarakat, antara lain layanan baca di tempat, layanan anak, layanan internet, layanan wifi, layanan referensi dan layanan perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling merupakan salah satu bentuk perluasan layanan perpustakaan umum guna menjangkau masyarakat di berbagai tempat yang sulit menjangkau layanan perpustakaan umum. Layanan perpustakaan keliling menjadi salah satu ujung tombak peningkatan minat baca dan layanan bagi masyarakat.

Antuisme anak-anak

Perpustakaan Umum Jakarta Selatan sebagai sebuah organisasi pemerintah di bawah Pemda DKI Jakarta bertujuan menyediakan seluas-luasnya layanan perpustakaan pada masyarakat. Guna meningkatkan layanan dan memperluas jangkauan perpustakaan, Mobil/Motor Pustaka hadir menjangkau berbagai lokasi di Jakarta Selatan. Motor/Mobil Pustaka atau biasa di singkat MOKA hadir melayani masyarakat mulai dari hari Senin-Kamis dan Sabtu-Minggu. MOKA dilengkapi dengan 6 armada mobil dan 2 motor yang membawa 1000 koleksi buku dari berbagai subjek. MOKA menjangkau berbagai titik layanan diantaranya sekolah, kelurahan, GOR, taman, sekretariat RW dan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Armada MOKA hadir pada hari Senin s.d. Kamis di berbagai sekolah PAUD, TK, dan Sekolah Dasar di Jakarta Selatan. Pada akhhir pekan, MOKA hadir melayani masyarakat dengan mengunjungi taman-taman kota dan Gelanggang Olah Raga.

Jadwal lengkap MOKA dapat dilihat melalui table di bawah ini :

*catatan : jadwal dapat berubah disesuaikan dengan permintaan dan kondisi lapangan
*catatan : jadwal dapat berubah disesuaikan dengan permintaan dan kondisi lapangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X