Pembinaan dan Asistensi Kearsipan bagi Kelurahan Pasar Minggu

Pembinaan dan Asistensi Kearsipan bagi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan
12 November 2019
Kegiatan Gerakan Sadar Tertib Arsip di RPTRA Belimbing Pasar Minggu
14 November 2019

Pembinaan dan Asistensi Kearsipan bagi Kelurahan Pasar Minggu

Jakarta – Dalam rangka menindaklanjuti dari Kegiatan Sosialisasi Peraturan Gubernur Nomor 94 Tahun 2016 tentang Tata Naskah Dinas, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan Pembinaan dan Asistensi Pengelolaan Kearsipan bagi Kelurahan Pasar Minggu yang ditujukan kepada Sekretaris Kelurahan atau Bagian Tata Usaha Kelurahan.

Dengan struktur organisasi Kelurahan yang terbagi dengan beberapa sub bagian/bidang yang menjadikan Kelurahan banyak menciptakan surat-surat dari beberapa sub bagian/bidang yang berbeda, maka dari itu perlu untuk ada suatu panduan yang mendasari suatu pembuatan administrasi surat-surat kedinasan yang menjadi landasan hukum yang berlaku bagi Unsur-unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Apabila regulasi tersebut belum dijalankan, tentunya akan ada sanksi yang menjerat bagi yang melanggar. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi mengenai regulasi dan landasan hukum khususnya di bidang Kearsipan pada Pemerintah Daerah baik dari Peraturan Gubernur, Peraturan Daerah, Keputusan Gubernur Dll. Dan juga sesuai dengan kaidah-kaidah Kearsipan yang mana diatur dalam Undang-undang nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Dengan mengisi form identifikasi masalah kearsipan, maka akan diketahui kendala apa saja yang dihadapi oleh pencipta arsip di lapangan dan apa saja prosedur kearsipan yang sudah dijalankan maupun prosedur yang belum dijalankan pada Kelurahan Pasar Minggu. Menurut Sekertaris Lurah Kelurahan Pasar Minggu pun merasa kegiatan Pembinaan dan Asistensi ini sangat bermanfaat dan penting terutama bagi Kelurahan dikarenakan Kelurahan menjadi Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) yang mana volume frekuensi dalam penciptaan surat-surat kedinasannya maupun arsip yang berdatangan dari warga pun berjumlah sangat banyak. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, Kelurahan-kelurahan dapat menjalankan visi Kearsipan yaitu Arsip yang Tertib, Rapi dan Terjaga dalam Program Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Nanda Azhari
Nanda Azhari
Sherlockian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X