Kegiatan Gerakan Sadar Tertib Arsip di RPTRA Belimbing Pasar Minggu

Pembinaan dan Asistensi Kearsipan bagi Kelurahan Pasar Minggu
12 November 2019
Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kearsipan bagi Mahasiswa
14 November 2019

Kegiatan Gerakan Sadar Tertib Arsip di RPTRA Belimbing Pasar Minggu

Jakarta – Masyarakat di RPTRA Belimbing Pasar Minggu begitu sangat antusias menyimak pemaparan materi dari Petugas Narasumber mengenai tata cara penyimpanan arsip keluarga dalam kegiatan Gerakan Sadar Tertib Arsip (GSTA). Dari kegiatan ini diketahui bahwa ternyata masih ada sebagian masyarakat yang masih belum begitu care terhadap tata cara penyimpanan arsipnya seperti sebagaimana yang seharusnya arsip disimpan khususnya dalam arsip keluarga. Sebagai Contoh, ada beberapa masyarakat yang masih melaminating arsip keluarganya. Padahal melaminating kertas akan merusak bahan kertas dan hologram yang ada pada kertas apabila kita melaminatingnya. Bila kita meletakan arsip yang sudah terlaminating di tempat terbuka, maka arsip akan buram menguning terkena paparan debu. Maka dari itu melaminating arsip tidak diperbolehkan sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Sebagian masyarakat menganggap bahwa arsip bukanlah hal yang penting, padahal ciri dari negara yang maju dan beradab adalah dapat dilihat dari penataan arsipnya seperti apa, baik di dalam organisasi pemerintahan maupun dalam masyarakat. Yang perlu diketahui bahwa arsip hanya diproduksi hanya sekali, maka dari itu perlu kesadaran dari masyarakat untuk mengetahui tentang tata cara penyimpanan arsip keluarga yang baik dan benar.

Pengelolaan, penataan dan penyimpanan arsip keluarga pada intinya agar arsip yang dimiliki dapat terkelola dan tertata dengan baik, disimpan ditempat yang aman dan mudah menemukan kembali dan mudah terjangkau, sehingga diharapkan dalam situasi yang sangat segera dan mendesak seperti terjadinya peristiwa kebakaran, kebanjiran dan lain sebagainya dapat cepat diraih dan diselamatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X