Yuk, Ikuti Tantangan 30 Hari Membaca #BacaJakarta

Sudin Pusip Survei Taman Bacaan Masyarakat di Jakarta Selatan
24 Februari 2020

Yuk, Ikuti Tantangan 30 Hari Membaca #BacaJakarta

Jakarta–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan kegiatan #BacaJakarta pada 11 Maret s.d. 9 April 2020 di berbagai titik baca yang tersebar di Wilayah Jakarta. Baca Jakarta adalah tantangan membaca selama 30 hari yang mengikutsertakan kolaborasi Ruang Baca, Peserta Anak dan Relawan. Kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan setelah tahun 2019 sukses dilaksanakan dengan melibatkan 3000 peserta.

Suku Dinas Perpustakaan dan Kersipan Kota Administrasi Jakarta Selatan telah melakukan pra-kegiatan Baca Jakarta dengan melakukan sosialisasi kepada para pengelola RPTRA, Taman Bacaan Masyarakat, perwakilan Kelurahan dan Kecamatan pada Jum’at, 14 Maret 2020. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan melibatkan 25 RPTRA, 5 TBM dan 1 Perpustakaan Umum. Tujuan kegiatan ini harapkan dapat meningkatkan minat baca siswa dan anak-anak usia 7-12 tahun. Target kegiatan ini adalah minimal 300 peserta anak dan sebanyak-banyaknya relawan pendamping dan relawan dokumentasi. Peserta tantangan #bacajakarta dibedakan menjadi 2 kategori yaitu anak kelas 1-3 dan kelas 4-6. Masyarakat umum dapat terlibat dalam kegiatan ini dengan menjadi relawan pendamping/dokumentasi. Relawan dapat mengabadikan gambar kegiatan membaca dan menulis dan menggunggahnya ke dalam akun instagram dengan membubuhkan tagar #bacajakarta.

Mekanisme kegiatan Baca Jakarta adalah mengajak anak-anak untuk membaca buku dan menuliskan kembali apa yang dibaca pada buku lalu meminta cap dan paraf pengelola ruang baca sebagai bukti telah berpatisipasi mengikuti kegiatan Baca Jakarta. Setelah 30 hari akan dilakukan penilaian kepada seluruh hasil peserta #BacaJakarta dan anak di pilih 3 orang terbaik yang akan diberikan penghargaan dari Sudin Pusip Jakarta Selatan.

Selain berbagia ruang baca yang sudah ditentukan sebagai titik baca, masyarakat umum dapat mendaftarkan titik baca dengan mengakses website www.dispusip.jakata.go.id. Guna menunjang berlangsungnya kegiatan ini,  Sudin Pusip Jakarta Selatan telah memberikan penambahan koleksi buku kepada ruang baca yang berpartisipasi dalam kegiatan Baca Jakarta. Pendistribusian buku dilakukan secara bertahap. Buku yang dikirimkan adalah buku dongeng dan cerita anak-anak yang bisa menjadi alternatif bacaan anak.

Berikut ini adalah titik baca yang bisa didatangi untuk berpartisipasi pada kegiatan Baca Jakarta :

  1. RPTRA Intan
  2. KDA Bhumi Tridharma
  3. RPTRA Pinang Pola
  4. RPTRA Pola Idaman
  5. RPTRA Bahari
  6. RPTRA Cendekia
  7. RPTRA Beringin
  8. RPTRA Taman Lenteng Agung
  9. RPTRA Tiga Pesona
  10. RPTRA Haji Lele
  11. RPTRA Ciganjur Berseri
  12. RPTRA Tiga Durian
  13. RPTRA Dwijaya
  14. RPTRA Kemandoran
  15. RPTRA Mangga Ulir
  16. RPTRA Kampung Prigi
  17. RPTRA Seruni Syaibun
  18. RPTRA Asoka
  19. RPTRA Kecapi
  20. RPTRA Baung
  21. RPTRA Malinjo
  22. Melati Taman Baca
  23. TBM Pustaka Betawi
  24. RPTRA Ramli
  25. TBM Budi Jaya
  26. Rumah Baca Zhaffa
  27. RPTRA Taman Mandala
  28. RPTRA Rasamala
  29. RPTRA Saharjo Mentas
  30. RPTRA Manunggal
  31. Perpustakaan Umum Jakarta Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X